Apa itu Laravel ?

Laravel adalah framework web dengan bahasa pemograman PHP yang menggunakan konsep MVC (Model, View, dan Controller) yang dibuat oleh Taylor Otwell.

Mengapa harus Laravel ?

Laravel memiliki CLI yang terintegrasi yang disebut artisan yang sangat membantu developer dalam mengembangkan aplikasi web, seperti: membuat Authorization, controller, model dalam sekejap; membuat RESTfull tanpa pihak ke tiga dan lain sebagainya.

MVC, Apa itu ?

MVC adalah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. MVC memisahkan aplikasi berdasarkan komponen-komponen nya seperti manipulasi data, user interface, dan kontroler.

  1. Model
    Biasanya dalam model berisi fungsi yang membantu untuk pengelolaan basis data seperti memasukkan data, mengubah data, dan lain lain.
  2. View
    View adalah bagian yang mengatur tampilan yang akan ditampilkan ke pengguna
  3. Controller
    Dalam controller, bertanggung jawab dalam mengendalikan aliran/flow eksekusi aplikasi atau bisa disebutkan juga sebagai jembatan antara model dengan view.

Apa saja yang diperlukan untuk menginstall Laravel ?

Untuk menginstall laravel, pastikan hal berikut sudah terpasang di sistem Koders ya

  • PHP minimal versi 7.1.3 keatas
  • Composer

Tahap-tahap instalasi Laravel

Pertama, Koders harus menginstall package Laravel installer pada Composer dengan mengetik perintah dibawah dalam terminal atau command prompt;

$ composer global require "laravel/installer"

selanjutnya, Untuk memulai instalasi Koders bisa menggunakan perintah dibawah ini di terminal atau command prompt

$ laravel new helloApp

Dengan menjalankan perintah diatas, laravel akan membuat direktori helloApp yang berisi komponen yang dibutuhkan laravel pada direktori pada saat terminal dijalankan.

Tampilan saat proses instalasi laravel selesai
Struktur isi folder framework laravel

Menjalankan aplikasi

Setelah proses instalasi selesai, Koders bisa mengecek dengan menjalankan aplikasi laravel menggunakan perintah dibawah ini di terminal atau command prompt

$ php artisan serve

Sekarang, buka jendela browser Koders dan akses ke http://localhost:8000

Tampilan halaman utama aplikasi laravel

Penjelasan

Sampai tahap ini, Koders sudah bisa menginstall framework laravel dan menjalankannya. Pada tutorial berikutnya, saya akan menjelaskan lebih dalam tentang Controller, Model, View beserta Routes.

Hatur nuhun

Author

Backend Developer on PT. FAN Integrasi Teknologi - Laravel and Django Enthusiast

Pin It